Tarling di Wantilgung, Bupati serahkan bantuan dan ajak warga jaga kerukunan

Selasa, 14 Mei 2019 22:55 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho dengan didamping Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman memberikan bantuan dalam rangkaian kegiatan tarwih keliling di Desa Wantilgung, Kecamatan Ngawen, Selasa (14/5/2019).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Selasa petang (14/5/2019), Bupati Djoko Nugroho bersama Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si dan jajaran Forkopimda melaksanakan kegiatan Tarawih Keliling di Desa Wantilgung, Kecamatan Ngawen.

Bertempat di Masjid At-Thohirin, kegiatan tarawih keliling diawali dengan berbuka puasa bersama, sholat maghrib, dilanjut makan bersama, kemudian sholat isyak berjamaah dan tarawih yang diikuti oleh Kepala OPD, Forkopimcam Ngawen, Kepala Desa se Kecamatan Ngawen, tokoh agama dan masyarakat umum.

Usai tarawih berjamaah, dilanjutkan penyerahan bantuan untuk masyarakat kurang mampu dari Pemkab Blora berupa beras 800 kg. Bantuan dari Baznas Kabupaten Blora berupa santunan anak yatim sejumlah 50 orang serta bantuan dana pasar murah untuk Kecamatan Ngawen. Selain itu juga penyerahan bantuan peralatan ibadah dari Kemenag.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Djoko Nugroho, diteruskan Wakil Bupati, jajaran Forkopimda, dan Sekda, kepada perwakilan penerima bantuan.

Bupati dalam sambutannya menerangkan bahwa seluruh bantuan ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Blora kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Pemkab memiliki beras cadangan pangan yang banyak, sehingga melalui kegiatan tarling ini kita bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sedangkan bantuan dari Baznas ini merupakan hasil pengumpulan zakat dari seluruh PNS atau ASN se Kabupaten Blora. Semoga bisa membawa manfaat dan berkah untuk semua. Mohon didoakan agar seluruh PNS di Blora sehat-sehat, biar zakatnya semakin bertambah untuk kemaslahatan umat,” terang Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan dan keamanan dalam bermasyarakat.

“Pileg dan Pilpres telah berlalu. Alhamdulillah Blora aman dan kondusif hingga saat ini. Saya minta kondisi ini terus dijaga hingga 22 Mei yang merupakan batas akhir penghitungan suara Pemilu, apalagi ini sedang bulan Ramadhan. Jangan mudah terpengaruh ajakan tidak benar,” lanjut Bupati.

Bupati kemudian mengingatkan bahwa tidak lama lagi Pemerintah Kabupaten Blora juga akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 244 Desa. Sehingga masyarakat diminta untuk tetap rukun agar Pilkades berjalan aman dan lancer.

“Pilkades yang sebelumnya direncanakan 24 Juli, diundur menjadi 4 Agustus. Saya minta semua masyarakat bisa ikut nyengkuyung, menyukseskan gelaran Pilkades,” tegas Bupati.

Kemudian di tahun 2020 nanti menurut Bupati, Blora juga akan dihadapkan dengan Pesta Demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati penerus kepemimpinannya. Pasalnya Bupati Djoko Nugroho akan habis masa jabatan pada Februari 2021, sehingga diperkirakan September 2020 sudah ada pemilihan calon penerusnya.

“Pesanku sing penting jaga kerukunan, nggih Pak, nggih Bu..!! Saya yakin masyarakat Blora bisa rukun,” pungkasnya.

Usai sambutan, kegiatan ditutup dengan pengajian umum yang diisi oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ngawen dan doa bersama.

Terpisah, Kepala Desa Wantilgung, Yuntarno, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Djoko Nugroho dan jajarannya yang telah bersedia hadir ke desanya melaksanakan kegiatan tarawih keliling dan menyalurkan bantuan masyarakat.

“Saya mewakili masyarakat Desa Wantilgung mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan seluruh jajaran yang hadir. Semoga kegiatan ini memperoleh banyak manfaat. Mohon maaf jika dalam penyambutan ada yang kurang berkenan,” kata Yuntarno. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)