Jelang Hari Jadi ke-270, Pejabat Pemkab ziarah makam Bupati-Bupati

Jumat, 06 Desember 2019 15:00 WIB

Jajaran pejabat di Pemerintahan Kabupaten Blora menggelar ziarah di makam Bupati-Bupati Blora sebagai rangkaian acara di Hari Jadi Kota Blora ke-270.

BLORA (mustika.wartablora.com)—Pemerintah Kabupaten Blora melaksanakan ziarah ke sejumlah makam bupati Blora yang berada di luar daerah kabupaten setempat. Acara itu dilaksanakan setiap tahun dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora.

Panitia peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-270 melalui seksi ziarah dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda dan kanto Kementerian Agama (Kemenag) Blora melaksanakan ziarah makam Bupati secara maraton selama dua hari, Kamis (5/12/2019) hingga Jumat (6/12/2019).

Ziarah dan tabur bunga dawali di makam almarhum Bupati Soekirno Sastro Dimedjo di tempat pemakaman umum Jangkang, Cinde Dalam Semarang. Ziarah dipimpin oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Blora, Suryanto selaku penanggung jawab lapangan pelaksanaan ziarah makam bupati di luar kabupaten.

Kemudian dilanjutkan ke makam almarhum Bupati Blora Soemarno Tjokro Saputro di makam keluarga Wolodono, Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung.

“Ziarah ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan atas jasa almarhum Bupati yang telah memimpin Blora. Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga,” kata Suryanto.

Ziarah berikutnya dilanjutkan ke makam almarhum Bupati Blora Soepadi Joedodarmo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta dan makam almarhum Bupati Srinardi di TMP Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

"Kedatangan kami disambut oleh perwakilan dari putra-putri almarhum Bupati. Ini menjadi catatan sejarah di peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-270. Sebagai pengikat kekeluargaan dan silaturahmi kami serahkan cindera mata kerajinan kayu jati dari Blora,” kata Sugiyanto selaku koordinator ziarah.

Selama ziarah,  dipimpin petugas dari Kemenag Blora dilaksanakan tahlil dan tabur bunga di masing-masing makam almarhum Bupati Blora yang dituju. “Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan dari pihak keluarga,” katanya.

Sementara itu suasana haru dan dan bahagia nampak terbersit di wajah keluarga almarhum Bupati Blora.

“Kami merasa terharu dan bahagia, bahwa Pemkab Blora memberi perhatian kepada kami. Dan yang membahagiakan, ziarah sekarang ini diikuti lebih banyak rombongan dibandingkan tahun sebelumnya. Dirgahayu kabupaten Blora ke-270 semoga makin maju,” kata Sinta salah satu putri dari almarhum Bupati Soekirno Sastro Dimedjo.

Hal senada disampaikan oleh Soni, salah satu putra dari almarhum Bupati Blora Soemarno Tjokro Saputro.

“Blora dan saya pribadi mempunyai sejarah. Saya besar dan pernah sekolah di Blora. Mewakili keluarga kami mohon maaf jika selama memimpin Blora, Bapak ada kesalahan. Terimakasih atas perhatian Pemkab Blora. Selamat memperingati hari jadi Kabupaten Blora ke-270,” ujarnya.

Ungkapan yang sama juga disampaikan Wuri Utami, salah satu putra almarhum Bupati Blora Soepadi Joedodarmo.

“Meskipun tidak tinggal di Blora, tapi saya merasa tetep orang Blora. Selamat Ulang Tahun Blora semoga makin jaya. Trus Kawarno Sabdaning Aji (11 Desember 1749),” ucap Wuri Utami.

Demikian pula yang disampaikan oleh Nunung, salah satu putra dari almarhum Bupati Srinardi. Menyebut nama Blora, baginya menjadi sejarah hidup yang sangat mengesankan.

“Saya pernah diajak membantu Bapak untuk memberi tanda di tanah lapangan wilayah Randublatung. Dan banyak lagi kenangan di Blora. Makin maju untuk Blora Mustika,” ucapnya.

Ikut serta dalam ziarah Kabag Tapem Setda Blora Kiswoyo dan Kabag Umum Setda Blora, Ngaliman. Ziarah yang sama juga akan dilaksanakan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. ***