CFD sambut Hari Sumpah Pemuda berjalan meriah

Minggu, 27 Oktober 2019 11:00 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho didampingi istrinya dan bersama-sama pejabat kepolisian dan TNI AD menggelar talkshow kepemudaan di hari bebas kendaraan, Minggu (27/10/2019).

BLORA (mustika.wartablora.com)Car Free Day (CFD) yang rutin diselenggarakan seminggu sekali, kali ini terasa beda. Pasalnya, kawasan CFD yang biasanya hanya sekeliling Alun-alun, khusus pada hari Minggu (27/10/2019), diperpanjang hingga Jalan Pemuda, tepatnya sampai pertigaan Arumdalu (depan Dinsos P3A).

Berbagai kegiatan digelar Pemkab Blora untuk memeriahkan CFD khusus untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda ke 91 yang akan diperingati hari Senin (28/10/2019) esok. Mulai olahraga bersama, kuliner, pameran UKM Dekranasda, live music, hingga sejumlah pelayanan masyarakat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Seperti pelayanan Administrasi Kependudukan dari Dindukcapil, pelayanan perijinan dari DPMPTSP, pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dari DKK, donor darah dari PMI, jajanan tradisional binaan Dindagkop UKM, pembayaran pajak SAMSAT, pelayanan pajak daerah dari BPPKAD, bazar tanaman buah dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, layanan perbankan dari Bank Jateng dll.

Sejak pukul 06.00 WIB masyarakat mulai berdatangan, begitu juga dengan Bupati Djoko Nugroho beserta jajaran Forkopimda, Sekda, dan Kepala OPD juga hadir dalam CFD kali ini. Masing-masing beserta istri, berikut para anggotanya, baik dari kalangan ASN, TNI Kodim 0721/Blora, maupun anggota Polri Polres Blora. Hadir pula Ketua Dekranasda Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum, bersama sejumlah ketua organisasi wanita.

Kegiatan diawali dengan senam massal bersama, dilanjutkan sarapan menu tradisional. Yang paling ramai adalah stand Nasi Pecel Setda, dan stand Dekranasda yang menyuguhkan aneka bubur tradisional secara gratis untuk masyarakat umum. Tidak sampai satu jam sejak dibuka, semua ludes diserbu masyarakat usai senam pagi.

Yang spesial, dalam gelaran CFD kali ini juga diisi dengan talkshow kepemudaan dimana narasumbernya adalah Bupati Djoko Nugroho, bersama Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, SE, dan Kapolres AKPB Antonius Anang SIK, MH. Talkshow semakin hangat dengan hadirnya para atlet muda berprestasi.

Yakni Siti Nafisatul Hairaroh peraih emas PORNAS 2017, emas PORPROV 2018 dan mendapat tiket PON 2020 unutk memperkuat kontingen Jateng dari cabang angkat besi. Serta penampilan Fahrizal (8) siswi SD yang mahir menirukan suara burung.

Siti juga melakukan demo atau atraksi angkat besi, yang menjadi salah satu olahraga andalan Kabupaten Blora. Bahkan Bupati juga ikut mencoba mengangkat beban bersama sejumlah pejabat.

“Alhamdulillah pagi ini kita bisa berolahraga bersama, dan menikmati car free day dengan beragam kegiatan, khususnya untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda ke 91. Kami berpesan agar pemuda tidak takut gagal, harus berani mencoba dan terus berinovasi. Manfaatkan gadget (gawai) untuk kegiatan yang positif dan produktif. Karena kebanyakan masalah pemuda saat ini justru timbul dari gadget,” pesan Bupati.

Bupati juga mengapresiasi terlaksananya CFD yang digagas oleh Sekda Komang Gede Irawadi ini. Bahkan dirinya ingin kegiatan CFD dengan layanan OPD seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin.

“Biasanya CFD hanya olahraga bersama dan banyak pedagang kulineran. Kali ini dilengkapi dengan beragam pelayanan masyarakat dari masing-masing OPD. Bagus, semoga bisa dilanjutkan. Masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan sembari berolahraga akhir pekan,” lanjut Bupati.

Adapun Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa CFD kali ini merupakan kegiatan awal yang diselenggarakan dengan menggandeng seluruh OPD. Khususnya OPD yang memiliki pos pelayanan masyarakat secara langsung.

“CFD perdana dengan menggandeng OPD ini rencananya akan dilaksanakan secara berkala. Tahap awal ini kita ambil momentum Hari Sumpah Pemuda. Semoga kedepan bisa terus berlanjut. Selain untuk meningkatkan pelayanan, juga sebagai media promosi program pembangunan dan pengenalan produk-produk UKM kepada masyarakat umum,” terang Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si.

Acara ditutup dengan penampilan grup music keroncong anak-anak muda Blora, yang bernama Keroncong Pembatas (akronim dari Pemuda Banyak Kreativitas). Lagu-lagu kekinian dimainkan dengan garapan music keroncong. Tampak gayeng hingga tak terasa sinar matahari mulai terasa panas. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Kab.Blora)