Bupati Blora minta FKUB bantu jaga suasana

Selasa, 18 Februari 2020 20:33 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho menyaksikan penandatanganan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Blora periode 2019-2024 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora, Selasa (18/2/2020).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Bupati Blora H. Djoko Nugroho meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Blora untuk menjaga suasana persatuan dan kesatuan antar umat beragama. Permintaan Bupati ini disampaikan saat mengukuhkan pengurus FKUB Kabupaten Blora periode 2019-2024 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora, Selasa (18/2/2020).

“Kerukunan Umat Beragama sangatlah penting untuk terus dijaga. Negara ini sangatlah besar dan luas, mulai dari Sabang hingga Merauke, kemudian Miangas sampai Rote. Semuanya terdiri dari berbagai agama, suku, bahasa dan kepercayaan. Oleh sebab itu adanya FKUB ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam menjaga kondusifitas NKRI,” terang Bupati Blora.

Menurut Bupati, tugas FKUB tidak membahas ajaran agama, namun lebih kepada cara penerapannya di tengah masyarakat agar semuanya bisa berjalan bersama-sama tanpa adanya gesekan.

“Pendidikan Agama memang penting, namun jangan kemudian memisahkan anak-anak kita dari lingkungannya. Biarkan mereka berinteraksi dengan keberagaman yang ada agar tidak terkotak-kotak. FKUB tidak hanya untuk saat ini saja, namun juga untuk masa depan. Jika FKUB kerjanya bagus, insyaAllah semuanya aman, damai, sejahtera. TNI dan Polri tugasnya semakin ringan,” lanjut Bupati.

Pengukuhan ini disaksikan Danrem 073/Makutarama, jajaran Forkopimda, Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah, dan Kepala Kantor Kemenag Blora.

Berdasarkan SK Bupati nomor 223/1799/2019 tanggal 11 November 2019, FKUB Kabupaten Blora diketuai oleh H. Ishad Shofawi. Sementara itu untuk posisi wakil ketua dijabat oleh Pendeta Yulius Sukarno, S.Th, MBA dan H. Mohammad Fatah, S.Ag, M.Ed. Kemudian sekretaris dijabat Fathul Himam, S.Ag, M.Pd.I, wakil sekretaris Pendeta Yosua Sudarso, S.Th. Bendahara dijabat Amalia Winarni, SE.

Sedangkan anggotanya Yohanes Maria Hendro Cahyono, I Nyoman Arta, Ngatno, S.Pd.B, Liantini, H. Sukisno, S.Ag, M.Pd.I, H. Immawan Eko Fakhrudin, S.Ag, MM, Agus Rianto, S.Th, Drs. H. Masfuin, M.Pd.I, Drs. H. Djoko Santoso, M.Pd, H. Sumaidi, S.Ag, M.Pd.I, dan Drs. Nuril Asrori, M.Hum. Semuanya dari berbagai tokoh agama yang ada di Kabupaten Blora. ***