Hardiknas 2019, Bupati tekankan pentingnya pendidikan karakter

Kamis, 02 Mei 2019 21:13 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho menyampaikan amanatnya dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Blora tahun 2019. 

BLORA (mustika.wartablora.com)—Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Kamis (2/5/2019) ini berlangsung khidmat di Kabupaten Blora. Peringatan dilaksanakan dengan menggelar Upacara Bendera yang dilaksanakan di tiga lokasi, yakni halaman Setda Kabupaten Blora, halaman Dinas Pendidikan, dan halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Bupati Djoko Nugroho, bersama Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si dan jajaran Forkopimda mengikuti upacara di halaman Dinas Pendidikan. Bupati bertindak sebagai inspektur upacara, dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional, Muhadjir Effendy.

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional yang bertemakan Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” ucap Bupati.

“Oleh karena itu, utamakan Pendidikan Karakter terlebih dahulu, baru pendidikan ketrampilan. Pribadi yang berkarakter sangat penting untuk membentuk generasi bangsa yang kuat. Ajari anak anak kita tentang sopan santun, unggah ungguh dan budi pekerti,” lanjut Bupati.

Selanjutnya, atas nama pemerintah, Bupati menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan, terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,” pungkas Bupati.

Selain diikuti unsur Forkopimda, upacara Hardiknas di halaman Dinas Pendidikan juga diikuti para Kepala OPD, kalangan TNI, Polri, ASN, Guru, Tenaga Kependidikan dan pelajar baik tingkat SD, SMP, SMA, serta Mahasiswa. Diiringi paduan suara dari Universitas Terbuka (UT) Kabupaten Blora.

Di akhir pelaksanaan upacara, dilakukan penyerahan beberapa penghargaan oleh Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda kepada siswa berprestasi, guru berprestasi dan sekolah berprestasi.

Diantaranya Nathania Airynne Y dari SD Kartini Blora sebagai Juara 1 OSN Matematika tingkat Kabupaten Blora, Raden Alfaizzat NF dari SDN 3 Balun Cepu sebagai Juara 1 O2SN Kabupaten Blora cabang Karate Putra. Kemudian Tri Partono mewakili SDN Cabak yang meraih Juara 1 Lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Blora.

Selanjutnya, Elza Adi Wijaya dari SMPN 1 Blora peraih Juara 1 FLS2N cabang gitar duet. Veronika dari SMPN 5 Blora periah Juara 1 FLS2N cabang seni tari tradisional. Lalu Ahmad Safi’I , S.Pd.SD sebagai Juara I Guru SD Berprestasi tingkat Kabupaten Blora dan Sri Wasetyani, S.Pd, M.M.Pd sebagai Juara I Kepala SD Berprestasi tingkat Kabupaten Blora.

Usai upacara, peringatan Hardiknas dilanjutkan dengan ziarah Bersama ke Taman Makam Pahlawan yang dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Drs. Sugiyanto, M.Si. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)