Bangun budaya literasi melalui kelas inspirasi

Rabu, 13 November 2019 18:02 WIB

Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman memberikan sambutannya sebelum membuka kelas inspirasi.

BLORA (mustika.wartablora.com)—Masih rendahnya budaya literasi di kalangan generasi muda, disikapi SMK Negeri 1 Jepon dengan menggelar Kelas Inspirasi. Tidak tanggung-tanggung, acara Kelas Inspirasi yang dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu (13/11/2019) hingga Kamis (14/11/2019) besok itu, menghadirkan beberapa narasumber dari awak media nasional.

Diantaranya Taufik Budi wartawan MNC Media, Aji Styawan Pewarta foto LKBN Antara, Kusfitria Marstyasih pegiat Komunitas Rumah Kita (Koruki), dan Ari Widodo wartawan Kompas.com.

Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman M.Si juga hadir untuk membuka kegiatan Kelas Inspirasi bertema Literasi Media di Era Disruptif dan Pesan Trend Enterprenership ini. Pihaknya mengapresiasi terselenggaranya Kelas Inspirasi untuk kalangan pelajar di SMK Negeri 1 Jepon.
 
“Kelas inspirasi ini merupakan kegiatan yang bagus untuk membekali adik-adik dalam memperoleh ilmu dan ketrampilan lain diluar pelajaran sekolah. Contohnya ketrampilan berliterasi yang dilaksanakan dalam acara ini, seperti mendokumentasikan peristiwa, mengambil video, hingga menulis,” ucap Wakil Bupati.
 
Pihaknya menyadari bahwa saat ini budaya literasi, minat baca dan menulis pada generasi muda di Kabupaten Blora masih rendah. Sehingga melalui kegiatan Kelas Inspirasi seperti ini diharapkan bisa membangun budaya literasi yang baik. Terlebih di era kemajuan teknologi dan informasi yang semakin cepat.
 
“Di era teknologi yang terus berkembang cepat ini, kami yakin masing-masing pelajar selalu bergantung pada handphone untuk berkomunikasi. Tidak hanya komunikasi saja, namun juga bermedia sosial dan aktivitas lainnya. Melalui Kelas Inspirasi ini, kami berharap para narasumber juga bisa membimbing adik-adik agar tidak menyalahgunakan medsos,” lanjut Wakil Bupati.
 
“Terimakasih Mas Taufik, salah satu wartawanMNC Media asli Doplang, Kecamatan Jati, yang bersedia pulang kampung bersama beberapa teman media lainnya, untuk mengajar adik-adik SMK ini,” tambahnya.

Untuk diketahui, Blora termasuk daerah yang melahirkan tokoh literasi nasional seperti Tirto Adhi Soerjo (Bapak Pers Nasional) yang lahir di Blora tahun 1880, dan ada juga Pramoedya Ananta Toer (sastrawan Dunia) penulis Bumi Manusia yang kemarin baru saja difilmkan.

“Kedepan kita berharap kelas inspirasi seperti ini bisa juga ditularkan ke SMA, agar semakin banyak generasi literasi di Kabupaten Blora. Kami berharap kedepan bisa lahir tokoh tokoh literasi besar dari kalian semuanya, aamiin. Ayo bersama-sama membangun budaya literasi, budaya baca, budaya menulis di Kabupaten Blora,” pungkasnya.

Sementara itu, Taufik Budi, merasa senang karena bisa pulang kampung, berbagi ilmu, dan menginspirasi pelajar SMK Negeri 1 Jepon untuk belajar literasi dan jurnalistik.

“Impian saya untuk pulang kampung dan berbagi ilmu akhirnya kesampaian di SMK Negeri 1 Jepon ini. Senang sekaligus bangga, semoga bisa melahirkan para generasi yang cinta literasi,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala SMK Negeri 1 Jepon, Miftahul Ulum, S.Pd, M.Pd, mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati dan teman-teman media yang bersedia hadir memberikan arahan kepada anak didiknya dalam acara Kelas Inspirasi.

“Mohon doanya, sekolah kami juga sedang dalam proses penilaian menjadi SMK Negeri Jawa Tengah yang nantinya jika lolos akan sepenuhnya dibiayai oleh APBD Jawa Tengah. Sebagai sekolah gratis berasrama untuk anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu. Yang tidak lain sebagai dukungan pengentasan kemiskinan di bidang pendidikan,” terang Miftahul Ulum, S.Pd, M.Pd.

Usai pembukaan, dilanjutkan sesi foto bersama dan pemberian materi oleh seluruh narasumber secara bergantian hingga hari kedua. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Kab.Blora)