Usai lebaran, Wabup pastikan layanan publik normal

Senin, 10 Juni 2019 14:00 WIB

Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman mengecek pelayanan kependudukan di Dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Blora usai libur panjang lebaran, Senin (10/6/2019).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman memastikan jika pelayanan publik di berbagai dinas terkait berjalan normal usai lebaran. Kepastian didapat setelah Wabup Arief berkeliling melakukan inspeksi mendadak di dinas-dinas yang berkaitan dengan pelayanan ke masyarakat, Senin (10/6/2019). Instansi yang dicek pelayanannya oleh Wabup Arief antara lain: layanan kesehatan di RSUD Soetijono Blora, layanan kependudukan di Disdukcapil, layanan perijinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Selain itu dinas lain yang tak terkait langsung dengan pelayanan ke masyarakat juga turut dicek tingkat kehadiran pegawainya. Antara lain: Dinas Pendidikan, Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), dan Dinas Kesehatan.

"Alhamdulillah seluruh ASN telah masuk dan siap memberikan pelayanan. Kami mewakili Bapak Bupati, berpesan agar seluruh OPD yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa melayani dengan cepat, mudah dan murah," kata Wabup Arief.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Arief mengapresiasi beberapa OPD yang telah melaksanakan deklarasi Pembangunan Zona Integritas dalam menciptakan birokrasi kerja yang bersih dan jauh dari KKN, dan mendorong agar terus dikembangkan ke OPD lainnya.

Sementara itu di Disdukcapil, kepala dinasnya menyatakan jika anak buahnya telah memperkirakan jika permintaan layanan kependudukan akan membludak usai libur panjang di hari lebaran.

"Guna mengantisipasi membludaknya pemohon Adminduk usai cuti lebaran, maka seluruh ASN kita siapkan untuk memberikan pelayanan,” terang Riyanto, S.Sos, M.Si, Kepala Disdukcapil.

Sedangkan layanan di rumah sakit justru telah berjalan penuh di akhir pekan lalu.

“Untuk RS, sejak Sabtu lalu sudah masuk dan membuka layanan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat umum. Seperti biasanya, pemeriksaan pasien mulai dilayani 09.00 WIB, karena sebelumnya dokter harus visiting dahulu ke pasien rawat inap,” ungkap dr. Nugroho Adiwarso, SP.OG, Direktur RSUD Soetijono Blora.

Usai mengecek layanan di dinas-dinas, Wabup Arief menyempatkan meninjau Pos Pelayanan Public Safety Center 119 yang sedang disiapkan Dinas Kesehatan untuk meningkatkan layanan kedaruratan kesehatan, terkoneksi dengan ambulance, puskemas, rumah sakit, polisi lalu lintas dan Damkar.

Penulis: Tim Berita Humas Protokol Setda Kabupaten Blora
Editor: Gatot Ariwibowo