Sekda Blora ingin akuntabilitas kinerja birokrat ditingkatkan

Senin, 24 Februari 2020 20:58 WIB

Sekda Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi mewakili Pemerintah Kabupaten Blora menerima hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) yang diserahkan di Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Koman Gede Irawadi menginginkan agar akuntabilitas kinerja aparatur pemerintahan di Kabupaten Blora ditingkatkan. Keinginan Sekda ini diutarakan saat mewakili Pemerintah Kabupaten Blora menerima hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) yang diserahkan di Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

“Alhamdulillah Blora menerima predikat “B”. Meskipun “B” ini sudah baik, namun kami ingin kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah terus ditingkatkan agar tahun 2020 nanti memperoleh BB atau bisa A, bahkan AA seperti Pemprov DIY,” kata Sekda.

Predikat B merujuk pada hasil evaluasi Sakip 2019, dan kemasannya dalam bentuk Sakip Award 2019.

Menurut Sekda, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo berpesan agar daerah yang menerima predikat “B” untuk fokus pada upaya peningkatan ekfektivitas dan efisiensi anggaran melalui berbagai upaya.

“Seperti penyempurnaan cascading kinerja hingga level individu; penyelesaian target kinerja tingkat pemerintah daerah melalui kolaborasi seluruh OPD atau cross-cutting program; monitoring dan evaluasi berkala atas kinerja OPD untuk mendorong pencapaian kinerja; serta pemanfaatan aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi,” terang Sekda, menyampaikan pesan MenPAN-RB.

Tujuannya agar pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat.

Untuk diketahui, penyerahan SAKIP Award 2019 di Yogyakarta itu dilakukan Kemen PAN-RB kepada 190 pemerintah daerah di wilayah III (baik Provinsi maupun Kabupaten), termasuk Blora.

Di penyerahan hasil evaluasi tersebut, Sekda didampingi Asisten Administrasi, Inspektur Daerah, Kepala Bappeda, dan Kepala Bagian Organisasi Setda Blora. (Tim Liputan Prokompim Blora)