Resepsi peringatan Hari Kartini ke-140 tingkat Kabupaten Blora sukses digelar

Rabu, 24 April 2019 22:25 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho saat bercengkerama dengan ana-anak yang tampil dalam memeriahkan puncak peringatan Hari Kartini tingkat Kabupaten Blora di pendopo Rumdin Bupati Blora, Rabu (24/4/2019).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Puncak peringatan Hari Kartini ke-140 tingkat Kabupaten Blora dilaksanakan dengan menggelar acara Resepsi yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (24/4/2019). Resepsi dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Blora Djoko Nugroho, jajaran Forkopimda beserta istri, Kepala OPD, Camat dan seluruh Organisasi Wanita se-Kabupaten Blora.

Dilaporkan oleh Ketua Panitia, Sahid, bahwa tema peringatan Hari Kartini ke-140 ini adalah “Dengan Semangat Kartini, Kita Wujudkan Kualitas Keluarga untuk Jawa Tengah Maju dan Mandiri”. Untuk rangkaian kegiatan antara lain seleksi lomba perempuan inspiratif (11 Maret - 15 April 2019), Pemeriksaan Ibu Hamil dan bantuan sembako keluarga stunting di puskesmas Rowobungkul Kecamatan Ngawen (2 April 2019).

Kemudian Seminar "Etika Pergaulan" (9 April 2019), Pitutur Paes Manten yang diikuti 56 pasang calon temanten (15 April 2019), Penyuluhan Narkoba bagi remaja dan anak sekolah (16 April 2019), Upacara peringatan Hari Kartini di halaman Setda Blora (22 April 2019), Ziarah di makam RA Kartini Mantingan Rembang (22 April 2019), serta Resepsi peringatan Hari Kartini di Pendopo rumah dinas Bupati, sekaligus dirangkai lomba aneka macam olahan sambal dan penilaian nominasi perempuan inspiratif.

Dalam sambutannya Dra. Hj. Umi Kulsum selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora yang juga Pembina Panitia Peringatan hari Kartini ke-140 menyampaikan maksud dari tema peringatan Hari Kartini ke-140 adalah mengutamakan peran perempuan dalam keluarga.

“Tema tersebut mengandung maksud untuk membangun sebuah keluarga yang berkualitas dan mandiri. Dari perempuanlah, itu bisa tercapai. Perempuan yang kuat dan sehat serta berkepribadian positif sebagai seorang istri sebagai seorang ibu dan juga ibu yang berkarier diberbagai instansi” ucap Dra. Hj. Umi Kulsum.

Menurutnya seorang ibu, selain berkarier dalam pekerjaannya serta meningkatkan kualitas hidup keluarga, juga harus memperhatikan pola hidup sehat. Disinilah peran ibu sangat besar dalam pembangunan sumber daya manusia.

“Sebagai ucapan syukur kepada RA Kartini, karena berkat perjuangan beliaulah para perempuan di Indonesia khususnya juga di Kabupaten Blora bisa maju dan bisa hampir setara dengan kaum laki-laki.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengucapkan selamat hari Kartini ke-140 untuk seluruh ibu-ibu di Kabupaten Blora, dan berharap ibu-ibu bisa menjadi Kartini masa depan yang matoh dan mbayani.

“Peringatan hari Kartini ini merupakan peringatan yang tertua karena sudah ke-140 tahun. Saat ini sudah tidak saatnya membahas tentang kesetaraan gender saja, karena kedudukan perempuan kini sudah sama dengan kaum pria. Sudah banyak Kapolres dijabat seorang perempuan, Kepala Kejaksaan juga banyak dijabat perempuan, hingga Kepala Daerah,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, peringatan Hari Kartini saat ini lebih cocok untuk ajang peningkatan kualitas diri seorang perempuan agar bisa menjadi sosok manusia hebat di bidangnya. Tidak hanya hebat di lingkungan keluarga saja, namun lingkungan pekerjaan dan masyarakat.

Bupati juga mengapresiasi adanya lomba cipta kreaasi sambal sebagai salah satu wujud pemberdayaan ekonomi kreatif bagi kaum perempuan.

“Saya baru nyicipi satu saja sudah kepedesan. Tapi enak dan kreatif. Tolong Pak Sekda yang kios Pasar belum ditempati dikasihkan ke ibu-ibu ini biar dipakai jualan sambal,” ujar Bupati disambut tawa hadirin.

Dalam acara resepsi itu juga dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum, kemudian Pemilihan Perempuan Inspiratif dan lomba aneka macam olahan sambal.

Berbagai pertunjukan juga disajikan dalam acara tersebut diantaranya seni Karawitan anak-anak dari Desa Gotputuk Ngawen, pentas puisi kartini, tari jaranan dan paduan suara dari persatuan organisasi wanita Kabupaten Blora. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)