Lagi, WTP dari BPK RI untuk Blora tahun ini

Senin, 27 April 2020 19:42 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho berdiri di depan kamera menunjukkan penandatanganan dokumen penyerahan hasil pemeriksaan LKPD.

BLORA (mustika.wartablora.com)—Pemerintah Kabupaten Blora kembali memperoleh penilaian opini wajar tanpat pengecualian dalam pengelolaan keuangan daerah tahun 2019. Pemberian penilaian ini disampaikan langsung Ketua BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Ayub Amali, SE, MM, secara virtual melalui video conference yang dilakukan Senin (27/4/2020). Penilaian diterima langsung Bupati Djoko Nugroho dan Ketua DPRD HM. Dasumdi ruang rapat Bupati Blora.

“Penyelenggaraan penyerahan hasil pemeriksaan LKPD untuk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena saat ini kita semua sedang mengalami pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk melakukan social distancing sesuai anjuran Presiden. Maka dari itu izinkanlah kami menyampaikan hasil pemeriksaan LKPD ini secara online, virtual dengan video conference,” ucap Ketua BPK RI Perwakilan Jateng, Ayub Amali.

Penandatanganan dokumen penyerahan hasil pemeriksaan LKPD dilakukan kedua belah pihak di masing-masing tempat, kemudian ditunjukkan ke depan kamera video conference, untuk selanjutnya dikirim (saling bertukar), antara BPK RI Perwakilan Jateng dengan Pemkab Blora, dalam hal ini Bupati (eksekutif) dan Ketua DPRD (legislatif).

“Sebelumnya kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada Blora yang sudah tepat waktu mengirimkan LPKD nya kepada BPK. Di Jawa Tengah ada lima kabupaten yang paling awal, salah satunya Blora. Semoga kedepan bisa dipertahankan dan lebih baik lagi,” sambung Ayub Amali.

Bupati Djoko Nugroho pun menyatakan rasa syukur sekaligus bangga dengan raihan WTP keenam kalinya. Bupati berharap capaian ini bisa terus ditingkatkan dan dipertahankan.

“Alhamdulillah Kabupaten Blora kembali meraih dan mempertahankan predikat Opini WTP. Catatan yang ada akan segera kami tindaklanjuti. Terima kasih kepada semua unsur pemerintahan yang sudah bekerja keras baik dari eksekutif maupun lefislatif. Semoga kerjasama ini kedepan bisa lebih baik lagi,” ucap Bupati.

Dengan diraihnya kembali Opini WTP tahun ini, maka Kabupaten Blora sudah enam kali berturut-turut memperoleh penghargaan yang diberikan kepada Daerah yang dinilai baik dalam penyelenggaraan laporan keuangan. Dimulai sejak LKPD 2014, LKPD 2015, LKPD 2016, LKPD 2017, LKPD 2018 dan tahun ini Opini WTP atas LKPD 2019.

 Ketua DPRD Blora, HM. Dasum, SE, MMA, juga berterimakasih kepada Pemkab Blora dalam hal ini eksekutif (Bupati dan jajarannya), yang telah melaksanakan pemerintahan dengan baik dan sesuai peraturan perundang-undangan. Sehingga terus memperoleh WTP dari BPK.

“Kami berharap kedepan bisa lebih baik lagi, eksekutif bisa lebih kompak lagi dengan legislatif. Tujuannya tidak lain agar pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Blora bisa berjalan dengan baik dan dinikmati oleh masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan,” ungkapnya. (Tim Liputan Prokompim Blora)