Bupati pimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019

Selasa, 01 Oktober 2019 13:00 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019.

BLORA (mustika.wartablora.com)—Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Djoko Nugroho memimpin peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2019). Bertempat di halaman Gedung Konco Tani, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora, upacara dihadiri jajaran Forkopimda, Organisasi Wanita, Kepala OPD, TNI Polri, ASN, dan Pelajar.

Dalam upacara tersebut dilakukan pembacaan Ikrar Kesetiaan terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan naskah Pancasila dibacakan oleh Bupati Djoko Nugroho dan ditirukan oleh seluruh peserta upacara.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya, kembali menekankan pentingnya kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, yang tidak bisa dan tidak boleh digantikan dengan ideologi apapun.

“Mengapa dinamakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila? Karena Pancasila sudah teruji kesaktiannya. Pancasila selalu mampu menyatukan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman dan rong-rongan ideologi dari luar,” ucap Bupati.

Dimana saat itu, 1 Oktober 1965, menurut Bupati, Pancasila menunjukkan kemampuannya untuk tetap tegak sebagai ideologi dan dasar negara meskipun ada upaya yang massif dari para pemberontak yang ingin memecah belah Indonesia dan menggantikannya dengan ideologi komunis.

Seperti halnya saat ini, banyak benturan sosial, isu rasis yang dihembuskan, bahkan perbedaan politik yang dipolitisasi dan perpecahan akibat pemilihan kepala daerah hingga pilpres. Semuanya akan reda apabila semuanya ingat pada Pancasila. Bahwa Pancasila merupakan perekat perbedaan yang ada di Indonesia.

“Saya minta seluruh yang hadir dalam upacara ini bisa menjadi pengawal dan pengamal nilai-nilai Pancasila,” tegas Bupati.

Usai upacara, dilakukan foto bersama dengan jajaran Forkopimda dengan latar belakang banner Hari Kesaktian Pancasila. Adapun acara tambahan adalah penyerahan SK kenaikan pangkat ASN, penyerahan bantuan pembangunan stimulant KUBE, stimulant RS dan RTLH, serta bantuan pembangunan sarana lingkungan dari Kementerian Sosial. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Blora)