75 Paskibraka Blora 2019 dikukuhkan Bupati

Kamis, 15 Agustus 2019 23:38 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho menyematkan lencana di pundak salah seorang anggota pasukan pengibar bendera Sangsaka Merah Putih, sebagai simbol pengukuhan yang digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (15/8/2019).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Setelah dilatih selama lebih dari sepekan, akhirnya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Blora Tahun 2019 resmi dikukuhkan oleh Bupati Djoko Nugroho. Pengukuhan dilaksanakan Kamis malam (15/8/2019) melalui upacara militer di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Dengan dihadiri Wakil Bupati, jajaran Forkopimda, Kepala OPD, serta disaksikan anggota keluarganya, upacara pengukuhan berlangsung khidmat. Rasa bangga sekaligus haru terpancar dari wajah para orangtua yang malam itu bisa menyaksikan langsung pengukuhan buah hatinya sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Blora 2019.

Secara simbolis, Bupati Djoko Nugroho memasangkan lencana anggota Paskibraka sebagai tanda pengukuhan kepada perwakilan anggota. Dilanjutkan acara renungan dengan mencium Sang Merah Putih secara bergiliran oleh seluruh anggota Paskibraka. Suasana semakin khidmat karena pada sesi ini seluruh lampu dipadamkan, diiringi pembacaan puisi kebangsaan yang menyentuh hati.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengaku senang dan bangga karena upacara pengukuhan ini berlangsung lancar, khidmat dan penuh rasa haru. Pihaknya berharap seluruh Paskibraka bisa memberikan penampilan terbaiknya pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti.

“Kalian semua adalah putra putri terpilih yang telah berhasil melalui seluruh tahapan seleksi. Selamat atas pengukuhan malam ini (semalam-red). Pada tanggal 17 Agustus nanti semua perhatian akan tertuju pada kalian semuanya. Semua mata akan memandang kalian, maka tampilkanlah yang terbaik,” ucap Bupati.

Bupati Djoko Nugroho juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh orangtua, guru dan para kepala sekolah yang telah mendidik dan memberikan izin kepada anak-anaknya untuk mengikuti seleksi Paskibraka hingga pengukuhan.

Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga (PORA) Dinporabudpar Blora, Rudi Prijanto, S.Sos, M.Si, Paskibraka 2019 ini beranggotakan 75 personil yang terdiri dari 45 putra dan 30 putri.

“Mereka telah mengikuti tahapan seleksi sejak tanggal 23 April 2019 dari jumlah pendaftar 350 orang siswa-siswi SMA/SMK sederajat se Kabupaten Blora. Latihannya dimulai tanggal 6 Agustus lalu dengan pelatih dari Kodim 0721/Blora dan Polres Blora,” terang Rudi Prijanto.

Menurutnya untuk latihan teknik Paskibraka dilaksanakan langsung di Alun-alun Blora sebagai lokasi pelaksanaan Upacara Bendera. Sedangkan untuk pelajaran teori tentang materi kebangsaan, bela negara, keprotokoleran dan bahasa inggris dilakukan di Aula Hotel Mustika yang sekaligus menjadi asrama bagi Paskibraka selama mengikuti pelatihan.

“Selama mengikuti tahapan pelatihan mereka semua didampingi oleh 5 anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Blora. Sehingga selama 24 jam ada yang mendampingi,” tambah Rudi Prijanto.

Sementara itu, Nadila Navaroh Z, salah satu anggota Paskibraka dari SMK Negeri 1 Jati (Doplang) mengaku sangat senang dan bangga setelah berhasil masuk sebagai anggota Paskibraka 2019.

“Alhamdulillah setelah mengikuti seleksi dan latihan Paskibraka ini banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan. Tidak hanya soal baris-berbaris, kita juga diajarkan tentang ketertiban, kerapian, kekompakan, cinta tanah air, dan banyak pengetahuan lainnya. Yang jelas temannya jadi semakin banyak dari seluruh wilayah Blora,” ungkap Nadila.

Usai upacara pengukuhan, acara ditutup dengan sesi pemberian ucapan selamat dari Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda beserta para tamu undangan, dilanjutkan foto bersama secara bergiliran. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Kab.Blora)