Resik-resik Grojogan, awali rangkaian Agustusan tahun ini

Jumat, 02 Agustus 2019 21:58 WIB

Pegawai di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Blora turun ke kali di Perempatan Grojogan untuk bersih-bersih, sebagai rangkaian mengawali kegiatan Agustusan di tahun ini.

BLORA (mustika.wartablora.com)—Memasuki bulan Agustus 2019, Pemerintah Kabupaten Blora mulai melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti yang dilaksanakan pada Jumat pagi (2/8/2019) tadi, ratusan ASN, karyawan dan karyawati dari seluruh OPD, berikut TNI dan Polri mengikuti apel bersama di Jalan Sudarman dalam rangka bakti sosial resik-resik (bersih-bersih) Kali Grojogan.

Apel dipimpin oleh Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si didampingi para Kepala OPD dan Instansi Vertikal yang ada di Kabupaten Blora. Usai apel, dilanjutkan dengan bersih-bersih Kali atau Sungai Grojogan yang ada di sepanjang sisi timur Jl.Sudarman mulai jembatan Grojogan hingga Taman Tirtonadi.

Tidak hanya dari kalangan ASN saja, namun juga ada beberapa organisasi kemanusiaan dan kepemudaan yang bergabung dalam bakti sosial bertema lingkungan ini. Diantaranya PMI Kabupaten Blora, Gerakan Pramuka Kwarcab Blora, hingga para pelajar.

Tak tanggung-tanggung, tanpa rasa malu ataupun jijik, mereka terjun ke bantaran sungai. Menyapu dedaunan kering, mengumpulkan beberapa sampah plastik yang berserakan dan mengangkutnya ke dalam truk sampah yang telah disediakan Dinas Lingkungan Hidup.

Usai bersih-bersih, semuanya lanjut sarapan bersama di halaman Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) yang letaknya berseberangan dengan Kali Grojogan. Kekompakan, keakraban dan kerukunan tercermin dalam kegiatan ini.

Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Dewi Tedjowati, mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih lingkungan seperti resik-resik Kali Grojogan ini sangat penting dilakukan agar lingkungan tetap bersih dan sehat.

“Kali Grojogan terletak di tengah jantung Kota Blora. Oleh sebab itu, kebersihannya harus terjaga. Ini wajah kota kebanggaan kita. Seluruh elemen harus bisa bersama-sama menjaga kebersihannya. Kami berharap resik-resik kali seperti ini bisa dilaksanakan rutin, jangan hanya saat Agustusan atau Hari Lingkungan Hidup saja,” tegas Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si.

Adapun mengenai agenda kegiatan Agustusan di Kabupaten, Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si menyampaikan bahwa Pemkab telah menyiapkan sejumlah acara untuk memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan RI.

“Setelah bersih-bersih atau resik-resik kali ini, nanti akan ada lomba gerak jalan, upacara detik-detik proklamasi, tasyakuran, resepsi dengan hiburan artis Yuni Shara hingga pawai pembangunan. Monggo masyarakat bisa ikut meramaikan,” lanjutnya.

Adapun jadwal kegiatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Blora tahun 2019, selengkapnya sebagai berikut :

  1. Tenis Lapangan Antar OPD (21 Juli) Lap.Tenis Pringgondani
  2. Bakti Sosial Resik-resik Kali Grojogan Kota Blora (2 Agustus)
  3. Gerak Jalan Kecepatan Waktu (7 Agustus) mulai 08.00 WIB, Start-Finish Blok T
  4. Gerak Jalan Ketepatan Waktu (7 Agustus) mulai 13.00 WIB, Start-Finish Blok T
  5. Festival Tari Kerakyatan (12 Agustus) mulai 18.30 WIB di Blok T
  6. Bakti Sosial (13 Agustus) di Desa Plantungan Blora dan Desa Bodeh Randublatung
  7. Pengukuhan Paskibra (15 Agustus) mulai 19.00 WIB di Pendopo Rumah Dinas Bupati
  8. Persidangan (16 Agustus) mulai 08.30 WIB di DPRD Kabupaten Blora
  9. Tasyakuran (16 Agustus) mulai 21.00 WIB di Pendopo Rumah Dinas Bupati
  10. Apel Kehormatan dan Renungan Suci (16 Agustus) mulai 23.30 WIB di TMP Wira Bhakti
  11. Upacara Detik Detik Proklamasi (17 Agustus) mulai 09.00 WIB di Alun-alun Blora
  12. Serenade dan Upacara Penurunan Bendera (17 Agustus) mulai 15.00 WIB di Alun-alun Blora
  13. Pawai Pembangunan tingkat TK/SD/SMP (19 Agustus) mulai 08.00 WIB, Start Alun-alun - Finish Jembar
  14. Malam Resepsi dan Hiburan bersama Yuni Shara (21 Agustus) mulai 19.00 WIB di Alun-
  15. Jalan Sehat (23 Agustus) mulai 06.00 WIB, Start-Finish Alun-alun
  16. Lomba K3 di masing-masing
  17. Pawai Pembangunan tingkat SMA/SMK/OPD/Umum (24 Agustus) mulai 19.00 WIB, Start-Finish Alun-alun Blora.

(Tim Liputan Humas Protokol Setda Blora)