Pemkab Blora peringati Hari Lingkungan Hidup

Jumat, 06 September 2019 18:00 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho memberikan sambutannya di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat, 6 Sptember 2019.

BLORA (mustika.wartablora.com)—Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada Jumat pagi (6/9/2019) melaksanakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019. Peringatan dilaksanakan di halaman DLH setempat dengan dihadiri oleh Bupati Djoko Nugroho, Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK, Sekda, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab.Blora, seluruh OPD dan perwakilan masyarakat.

Acara dibuka dengan pertunjukan Tari Adiwiyata yang ditampilkan oleh siswa-siswi SDN 2 Kawengan, Kecamatan Jepon, dilanjutkan Indonesia Raya, Mars DLH dan lagu Pengurangan Sampah Plastik.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala DLH Blora Ir. Dewi Tedjowati menyampaikan bahwa sebenarnya Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 jatuh pada tanggal 5 Juni lalu. Namun puncak peringatannya di Blora baru bisa dilaksanakan kali ini. Sedangkan rangkaian kegiatannya telah dilaksanakan sejak Juni lalu.

“Ada pemeriksaan emisi gas buang kerjasama dengan Dinrumkimhub, lomba mural bertema lingkungan hidup, lomba sekolah adiwiyata, bakti sosial resik-resik Kali Grojogan, pemeriksaan kesehatan gratis untuk petugas kebersihan kota dan lomba daur ulang sampah anorganik antar TP PKK Kecamatan,” terang Ir. Dewi Tedjowati.

Menurut Ir. Dewi Tedjowati, tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 ini adalah Biru Langitku, Hijau Bumiku, sebuah tema yang erat kaitannya dengan upaya pelestarian lingkungan hidup. Tidak hanya menjaga kelestarian bumi namun juga udara.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho meminta agar DLH bisa terus berinovasi, mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan penghijauan.

“Mengajak masyarakat merawat lingkungan itu sama sulitnya mengajak anak-anak membaca buku. Kita harus terus berinovasi, ciptakan program yang kreatif agar lingkungan tetap terjaga. Bumi ini bukan warisan dari nenek moyang yang harus kita eksploitasi, namun bumi ini adalah warisan untuk anak cucu kita yang harus dijaga dan dirawat bersama,” kata Bupati.

Pengurangan sampah plastik juga menjadi salah satu perhatian Bupati dalam acara ini. Bupati meminta OPD terkait bisa menjalin kerjasama dengan seluruh dunia industri dan UKM untuk mengurangi penggunaan plastik.

Dalam acara tersebut juga diserahkan piala hasil perlombaan Sekolah Adiwiyata. Yang mana SDN 2 Kawengan, Kecamatan Jepon keluar sebagai Pelaksana Terbaik II Kategori SD/MI se Jawa Tengah. Sedangkan untuk tingkat Kabupaten Blora, kategori SD diraih oleh SDN 4 Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, dan kategori SMP diraih oleh SMPN 3 Tunjungan. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Blora)