Poltekkes Kemenkes Semarang bangun kampus baru di Blora

Rabu, 30 Oktober 2019 16:00 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho meletakkan batu pertama menandai dibangunnya  gedung Kampus IV yang baru di Blora di Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Blora, Rabu (30/10/2019).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Politeknik Teknologi Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Semarang mulai membangun gedung kampus baru, lebih tepatnya gedung Kampus IV yang baru di Blora. Bertempat di Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Blora Kota, pembangunan dimulai dengan peletakkan batu pertama yang dihadiri Bupati Djoko Nugroho, jajaran Forkopimda, Sekda dan OPD terkait, Rabu (30/10/2019).

Kampus IV Poltekkes Kemenkes Semarang yang mulanya berada di depan GOR Mustika, Jl. GOR, Karangjati, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora akan dipindah pada gedung kampus baru di Kelurahan Sonorejo yang sedang mulai dibangun ini. Sedangkan kampus lama akan dikembalikan kepada Pemkab, karena masih aset pemkab.

Beralamat di Jalan Gatot Subroto, km-1 Kelurahan Sonorejo, gedung kampus baru Poltekkes Kemenkes Semarang ini menempati lahan seluas 3,05 hektare. Bersebelahan dengan Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Blora.

Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Marsum, BE, SPd, MHP menyampaikan bahwa Poltekkes Kemenkes Semarang saat ini memiliki 9 Kampus yang tersebar pada 7 kota yakni Semarang, Blora, Magelang, Pekalongan, Banyumas, Kendal, Tegal.

“Yang ada di Blora ini merupakan Kampus IV yang terdiri dari program studi D3 keperawatan dan kebidanan. Di kampus yang baru ini nanti diharapkan dapat menampung hingga 1000-1500 mahasiswa, dengan rencana penambahan jurusan gizi, kesehatan lingkungan, rekam medis dan informasi kesehatan,” ucap Marsum.

Acara peletakan batu pertama ini menurutnya merupakan bagian dari perencanaan pembangunan kampus IV Poltekkes Kemenkes Semarang di Blora. Perencanaan gedung B diawali pada tanggal 1 Agustus 2019 sampai akhir Desember 2019. Perencanaan pagar keliling diawali pada 17 Juni 2019 dan selesai 14 September 2019.

“Saat ini sedang dikerjakan pondasi pagar keliling dan urugan. Pekerjaan pertama berakhir 31 Desember 2019, sementara pekerjaan kedua berupa pagar keliling dan pemadatan tanah akan dilakukan pada tahun 2020. Gedung pendidikan kampus IV Blora khususnya gedung B direncakana selesai pada awal tahun 2021 serta akan dilanjutkan pembangunan gedung C, jalan paving, masjid, dan sarana prasarana lainnya,” terang Marsum.

Pihaknya berkomitmen untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Blora serta memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat Kabupaten Blora.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho berharap adanya pembangunan gedung baru kampus IV Poltekkes Kemenkes Semarang di Blora bukan hanya dapat memberikan manfaat bagi Poltekkes Kemenkes Semarang itu sendiri, tetapi juga bagi masyarakat Kabupaten Blora melalui pemberdayaan, transfer ilmu, serta meningkatnya perekonomian warga sekitar.

“Sudah 40 tahun lebih Poltekkes memberikan pengabdian yang terbaik untuk Kabupaten Blora dan menghasilkan tenaga yang berkualitas. Saya berharap kampus yang baru ini bernilai ekonomi lebih dan sosial bagi masyarakat. Biar masyarakat mendapat manfaat seperti home industri dan transfer ilmu pada masyarakat. Kami berharap ini akan menjadi ekonomi baru bagi masyarakat. Saya juga berharap agar ditambahkan lagi program studi agar dapat semakin memperbanyak jumlah mahasiswa,” ungkap Bupati Djoko Nugroho.

Dengan begitu menurut Bupati membuka peluang usaha rumah kost, warung makan, jasa laundry dan lainnya. Sehingga masyarakat sekitar bisa lebih berdaya.

“Sedangkan untuk kampus lama yang ada di depan GOR kedepan akan kita fungsikan untuk asrama atlet, KONI, Badan Diklat BKD dan lainnya. Saya berharap di akhir jabatan saya, kampus baru Poltekkes Kemenkes di samping BPPKAD ini bisa selesai,” lanjut Bupati.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Poltekkes Semarang, Wakil Direktur 1 Poltekkes Semarang, Wakil Direktur 3 Poltekkes Semarang, Kepala urusan dan Kepala Prodi Poltekkes Semarang, Sekda Blora, Dandim Blora, Perwakilan Kapolres Blora, Perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Blora, Pimpinan SKPD, Camat Blora, Kepala Desa Sonorejo, dan tokoh masyarakat Sonorejo. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Blora)