Kesehatan ASN Pemkab Blora diperiksa berkala

Jumat, 06 Maret 2020 20:03 WIB

Sekda Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi melakukan checkup kesehatan usai senam Jumatsetiap pekannya, Jumat (6/3/2020).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Kegiatan Jumat Sehat pagi tadi (6/3/2020) di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora terasa beda. Jika biasanya hanya diisi dengan kegiatan olahraga bersama, kali ini sejumlah petugas dari Dinas Kesehatan ikut hadir untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Setelah apel pagi dan senam bersama, seluruh ASN mengikuti sosialisasi pencegahan penyakit tidak menular dan pencegahan virus corona (covid-19) dari Dinas Kesehatan. Yang disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (P3PLP), Edi Sucipto.

Kemudian satu per satu ASN mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan. Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si juga mengikuti kegiatan ini bersama para Asisten, dan Kepala Bagian, Kasubbag, serta seluruh karyawan/karyawati.

Meliputi penimbangan berat badan, pemeriksaan tinggi badan, cek tenanan darah, cek gula darah, kolesterol, hingga pemeriksaan kejiwaan. Hasilnya langsung disampaikan dan bagi yang kurang sehat, langsung mengikuti pendampingan dari petugas medis untuk memulai hidup sehat.

Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (P3PLP), Edi Sucipto, menyampaikan bahwa pencegahan penyakit tidak menular ini sangat penting dilakukan. Biasanya penyakit ini timbul bukan karena tertular, melainkan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Salah satu penyakit tidak menular yang perlu diwaspadai menurutnya adalah diabetes melitus. Pihaknya menyarankan agar para ASN mulai melakukan pola makan yang sehat dan olahraga yang cukup.

“Sedangkan terkait covid-19, kami mengimbau agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada. Kewaspadaan itu bisa dilakukan dalam bentuk olahraga yang teratur, makan makanan yang bergizi, menjaga imunitas, dan selalu cuci tangan setiap selesai beraktifitas di fasilitas umum atau ruang publik. Jika sehat tak perlu heboh dari masker,” terangnya.

Riki Bhakti Maryudi, salah satu ASN sekaligus Kasubbag Komunikasi Pimpinan, merasa senang kali ini ada pemeriksaan kesehatan gratis di Setda Blora.

“Alhamdulillah setelah dicek tadi, ternyata tekanan darah saya normal. Gulanya juga normal. Hanya berat badan saya yang memang harus dikurangi, hehehe,” ujar Riki sambil senyum.

Adapun Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kesehatan yang telah melaksanakan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk seluruh ASN yang ada di Setda.

“Ini kegiatan yang bagus sebagai bentuk pencegahan datangnya penyakit. Kita lebih baik mencegah dan mengetahui sejak dini kondisi kesehatan, daripada harus mengobati. Semoga dengan kegiatan ini, para ASN lebih termotivasi untuk meningkatkan pola hidup sehat,” kata Sekda.

Sekda juga berharap kegiatan pemeriksaan kesehatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkala, sebulan sekali. Tidak hanya di Setda saja, namun juga OPD lainnya. Jika ASN nya sehat-sehat maka semangat dalam bekerja dan melaksanakan pelayanan kepada masyarakat bisa semakin baik.

Acara ditutup dengan ramah tamah, sarapan pagi bersama. (Tim Liputan Prokompim Blora)