Imunitas tubuh kunci kesembuhan

Minggu, 07 Juni 2020 16:00 WIB

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Blora, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes menyampaikan keterangan pers terkait perkembangan terakhir wabah korona di Kabupaten Blora, Minggu (7/6/2020).

BLORA (wartaMUSTIKA)—Plt. Kepala Dinas Kesehatan Blora, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes menegaskan, kunci kesembuhan orang yang terifeksi virus korona adalah sistem kekebalan tubuh, atau imunitas. Sistem inilah yang bisa mengantarkan pasien untuk sembuh.

“Mungkin sudah banyak yang bertanya-tanya, tidak sabar, mengapa tidak sembuh-sembuh. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesembuhan. Utamanya dalah daya tahan tubuh atau imunitas, selain itu juga jenis dan jumlah virus di dalam tubuh serta kondisi psikis pasien. Sekali lagi tolong agar keluarga sabar, mohon doanya semoga segera sembuh. Kami opstimis angka kesembuhan akan meningkat, dan tidak ada kasus baru,” terangnya saat menyampaikan keterangan pers terkait perkembangan terakhir wabah korona di Kabupaten Blora, Minggu (7/6/2020).

Dikatakannya, meski tidak ada penambahan kasus namun dirinya prihatin karena belum ada penambahan kasus sembuh.

"Kesembuhan ini kunci utamanya adalah imunitas tubuh," tandasnya lagi.

Adapun penambahan jumlah reaktif rapid-test, menurutnya memang cukup tinggi karena Dinkes masih terus melakukan rapid-test massal di beberapa tempat umum seperti pasar, lalu di sarana kesehatan, sehingga ada penambahan yang reaktif.

“Yang reaktif ini sudah kita swab, semoga nanti hasilnya negative,” harapnya.

Menyinggung konsep new normal, Lilik Hernanto SKM, M.Kes menyampaikan bahwa pelaksanannya nanti semua bisa beraktifitas seperti biasa namun tetap melaksanakan protokol kesehatan agar terhindar dari potensi persebaran Covid-19 dengan menerapkan 4 sehat 5 sempurna.

“Yang pertama cuci tangan pakai sabun sesering mungkin, kedua pakai masker jika terpaksa keluar rumah, ketiga hindari kerumunan, keempat rajin berolahraga, hindari stress dan istirahat yang cukup. Lima sempurnanya yakni meningkatkan daya tahan tubuh dengan memperbaiki nutrisi dan asupan gizi seperti perbanyak sayur, buah dan vitamin. Ini adalah 4 sehat 5 sempurna dalam menghadapi Covid-19,” pungkasnya. (Tim Liputan Prokompim Setda Blora)