Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara pasang target pembangunan Bandara Ngloram

Sabtu, 29 Juni 2019 19:30 WIB

Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman tengah berbincang serius dengan Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Ir. Nur Isnin Istiartono, M.Si.

BLORA (mustika.wartablora.com)—Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Ir. Nur Isnin Istiartono, M.Si memasang target untuk pembangunan Bandara Ngloram, Cepu. Kepada wartawan saat mengadakan rapat terbatas dengan Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman di Cepu, Sabtu (29/6/2019), Nur menyatakan di akhir tahun ini bandara tersebut ditarget bisa didarati pesawat.

"Di akhir 2019, setidaknya landasan sudah bisa digunakan pesawat ATR42 mendarat," kata alumnus SMA 1 Cepu angkatan tahun 1981 tersebut.

Pesawat dengan panjang tak lebih 23 meter dan bentang sayap sepanjang 24 meter serta berkapasitas penumpang antara 40 hingga 50 orang tersebut dikatakan Nur bisa untuk kepentingan carteran.

"Sementara untuk komersilnya nanti di akhir 2020 setelah pembangunan tahap kedua," lanjutnya.

Pembangunan bandara yang dilakukan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewandaru tersebut kini dalam tahap merampungkan landasan pacu.

"Lahan landasan sudah tersedia, maka landasan segera dibangun dulu, sambil menunggu pembebasan lahan untuk terminal dan taxiway yang sedang diupayakan Pemkab," kata Nur.

Nur sendiri berharap bandara tersebut bisa masuk daftar bandara-bandara yang akan diresmikan Presiden di tahun 2020.

"Selama 2019 ini ada 5 bandara yang diresmikan Presiden. Saya ingin Ngloram bisa masuk peresmian tahun 2020 nanti. Oleh karena itu kita harus kerja cepat. Kemenhub dan Pemda harus kompak, baik Provinsi maupun Kabupaten," pesannya.

Sementara Wakil Bupati Arief Rohman menyatakan siap untuk melakukan koordinasi kembali dengan Pemprov Jateng agar pembangunan bisa segera dilakukan.

“Kita harus kerja cepat, selain dengan Pemprov Jateng, dukungan legislatif Jateng juga sangat penting agar anggaran Pemprov bisa segera disetujui. Paling tidak minggu depan kita akan undang Komisi D untuk rapatkan ini. Akan kita laporkan ke Bapak Bupati,” katanya seraya memerintahkan Dinrumkimhub berkoordinasi dengan UPBU Dewandaru membuat time schedule harian.

Penulis: Tim Berita Humas Protokol Setda Blora
Editor: Gatot Ariwibowo