Lima tahun ke depan, Blora fokus bangun infrastruktur jalan

Jumat, 18 Juni 2021 19:00 WIB

Bupati Blora Arief Rohman didampingi sebelah kanannya, Ketua DPRD Blora HM. Dasum, dan sebelah kirinya, Sekda Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi saat menggelar musyawarah perencanaan pembangunan Kabupaten Blora, Jumat (18/6/2021).

BLORA (wartablora.com)—Pemerintah Kabupaten Blora akan memusatkan perhatiannya untuk pembangunan infrastruktur jalan dalam lima tahun mendatang, sejak tahun 2021 ini. Hal ini terungkap saat digelarnya musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) rancangan pembangunan jangka menangah daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 pada Jumat, 18 Juni 2021 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora. 

Bupati Blora Arief Rohman dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kondisi infrastruktur dan ekonomi Kabupaten Blora sedang memburuk. Kondisi jalan banyak yang rusak dan pertumbuhan ekonomi minus akibat pandemi Covid-19 yang terjadi di Blora sejak awal 2020 tahun lalu.

“Oleh karena itu dalam RPJMD ini kita susun beberapa fokus prioritas pembangunan ke depan agar Blora bisa kembali membaik. Fokus pertama dan utama adalah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Tahun depan akan kita naikkan anggarannya. Jika jalan baik maka Insya Allah ekonomi juga akan tumbuh sehingga tingkat kemiskinan berkurang,” katanya.

Jika itu terwujud, kata Bupati maka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Blora menurutnya juga akan naik. Yang mana saat ini masih berada di peringkat ke 29 se Jawa Tengah.

“Pembangunan Sumber Daya Manusia juga menjadi fokus kami. Misalnya melalui program satu desa dua sarjana, Blora mengaji, dan beberapa program pemberdayaan unggulan lainnya,” tambah Bupati.

Bupati lantas menyampaikan arah kebijakan yang akan dilaksanakan hingga 2026. Tahun 2022 akan melakukan pemulihan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan yang didukung peningkatan kualitas infrastruktur pelayanan dasar.

Tahun 2023 akan melaksanakan Pengembangan SDM dan infrastruktur pendukung perekonomian daerah serta pemantapan tata kelola pemerintahan. Selanjutnya 2024 Pembangunan ekonomi kerakyatan didukung SDM yang berdaya saing, dan 2025 Penguatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat didukung pelayanan publik yang berkualitas.

Sehingga menurutnya pada 2026 akan mewujudkan visi misinya untuk Sesarengan mBangun Blora yang unggul dan berdaya saing. (Tim Liputan Prokompim Blora)