Kampanyekan Buah Lokal, Pemerintah Blora Gelar Festival Buah Lokal

Rabu, 30 Januari 2019 19:00 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Hj. Umi Djoko Nugroho menikmati duren di festival buah yang digelar di pasar Sido Makmur, Rabu (30/1/2019).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Pemerintah Kabupaten Blora menggelar festival buah lokal di pasar Sido Makmur, Rabu (30/1/2019). Festival digelar untuk mempromosikan hasil hortikultura di Kabupaten Blora, selain mengkampanyekan makan buah lokal kepada masyarakat.

"Festival Buah Lokal seperti ini sangat bagus untuk mempromosikan hasil hortikultura kita. Sekaligus mengampanyekan makan buah lokal kepada masyarakat. Ini merupakan bukti bahwa Blora tidak kalah dengan daerah lain dalam hal penghasil buah," kata Bupati Blora H. Djoko Nugroho yang turut hadir dalam festival tersebut.

Gelaran festival terbagi dalam 2 keramaian, lomba hasil para petani buah dan bazar buah. Untuk lomba digelar di lantai 2 aula pasar, sementara bazar digelar di halaman tengah komplek pasar.

Bupati Blora H. Djoko Nugroho menyempatkan juga untuk mengajak para petani mengembangkan hortikulturanya dengan beralih ke organik.

Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Hj. Umi Djoko Nugroho bersama ibu-ibu turut menikmati sawo di festival buah yang digelar di pasar Sido Makmur, Rabu (30/1/2019).

"Saya kemarin habis panen padi organik di Desa Bajo Kedungtuban. Ternyata hasilnya lebih banyak dan menyehatkan. Saya ingin pertanian organik ini juga diterapkan pada tanaman buah," katanya pada para petani buah yang ikut lomba.

Bupati Blora H. Djoko Nugroho juga menyatakan keinginannya untuk tanah pertanian di Kabupaten Blora kelak bisa terbebas dari pupuk kimia.

"Saya ingin seluruh hasil pertanian dan hortikultura Blora itu sehat dan bebas dari pengaruh pupuk kimia," tandasnya.

Acaranya sengaja digelar di Pasar Sido Makmur karena Pemerintah ingin meramaikan pasar baru agar masyarakat lebih terbiasa datang ke pasar yang baru diresmikan Bupati pada tanggal 5 Januari lalu. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ir. Reni Miharti, M.Ar.Bus menyampaikan bahwa kegiatan festival buah ini merupakan kali kedua di Kabupaten Blora. 

“Tahun lalu kami selenggarakan di Pertokoan Blok S khusus tentang durian. Kemudian untuk kedua kalinya ini tidak hanya durian yang dilombakan, namun juga sawo dan pisang raja. Alhamdulillah banyak yang mengikuti, dari para petani lokal, “ ucap Reni Miharti.

Adapun dewan juri diambilkan dari Provinsi Jawa Tengah. Sejumlah tiga juri menilai buah buahan yang dilombakan dari segi ukuran, ketebalan daging buah, rasa, bentuk buah dan warna.

Setelah dilakukan penilaian, akhirnya ditetapkan pemenangnya sebagai berikut:

Lomba Buah Durian

  1. Juara I Durian milik Suwignyo dari Desa Karangjong, Kecamatan Ngawen
  2. Juara II Durian milik Sarmin dari Dukuh Nglawungan Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan
  3. Juara III Durian milik Harsono dari Desa Karangjong Kecamatan Ngawen

Lomba Buah Sawo

  1. Juara I Sawo milik Suwaji dari Kecamatan Todanan
  2. Juara II Sawo milik Masrikan dari Desa Krocok, Kecamatan Japah
  3. Juara III Sawo milik Yasmin dari Desa Dologan, Kecamatan Japah

Lomba Buah Pisang Raja

  1. Juara I Pisang Raja milik Winarti dari Kecamatan Blora
  2. Juara II Pisang Raja milik Suparlan dari Desa Wonosemi Kecamatan Banjarejo
  3. Juara III Pisang Raja milik Triman dari Desa Beganjing Kecamatan Japah.
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ir. Reni Miharti, M.Arg.Bus berfoto bersama para pemenang.

Seluruh pemenang memperoleh piala dan uang pembinaan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang diserahkan langsung oleh Ir. Reni Miharti, M.Arg.Bus. 

Suwignyo, peserta lomba durian yang memperoleh juara satu merasa senang karena ini merupakan juara kedua kalinya selama mengikuti lomba durian di tingkat Kabupaten Blora. 

“Alhamdulillah bisa menang lagi, tahun lalu saat di Blok S juga menang. Semoga ini bisa menjadi penyemangat kami untuk terus membudidayakan durian lokal Desa Karangjong, “ungkapnya. (Tim Berita Humas Protokol Setda Kabupaten Blora)