Harapan Bupati dan Wakil Bupati Blora terhadap Sancaka Utara

Jumat, 06 Desember 2019 06:08 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho memberikan aba-aba keberangkatan kepada KA. Sancaka Utara sebagai penanda diluncurkannya kereta api tersebut yang akan melayani rute Blora-Solo-Jogja.

BLORA (mustika.wartablora.com)—Kereta Api (KA) Sancaka Utara resmi beroperasi melayani rute Jawa Selatan per Desember 2019 ini. Kereta api ini akan melayani rute Surabaya Pasar Turi menuju Lamongan–Babat–Bojonegoro–Cepu–Randublatung–Kradenan–Gambringan–Gundih–Salem–Solo Balapan–Klaten–Yogyakarta–Wates–Kutoarjo. Bupati Blora H. Djoko Nugroho dan Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman menyampaikan harapannya atas beroperasinya kereta api ini.

Bupati Djoko Nugroho pun mengaku senang dengan adanya KA Sancaka Utara yang melayani trayek hingga Solo, Jogja dan Kutoarjo ini. Menurut Bupati, ada banyak masyarakat Blora yang sekolah, kuliah dan bekerja di Solo dan Jogja, sehingga ini merupakan terobosan bagus yang dilakukan PT.KAI.

“Alhamdulillah, terimakasih PT KAI atas kemudahan transportasi untuk warga kami yang ingin ke Solo dan Jogja, hingga Kutoarjo. Banyak anak-anak Blora yang kuliah di Solo dan Jogja, ini akan sangat membantu mereka. Apalagi KA ini tidak hanya berhenti di Cepu, namun juga di Randublatung. Harganya juga bersahabat, setara naik travel. Ayo kita naik kereta, sebaliknya ayo kita ajak teman kita yang ada di Jogja, Solo dan Surabaya untuk dolan Blora,” ungkap Bupati.

Kedepan, Bupati Djoko Nugroho juga kembali meminta agar PT KAI bisa menghidupkan lagi Stasiun Wado di Kecamatan Kedungtuban. Selain itu revitalisasi Stasiun Cepu diminta agar bisa dipercepat agar area parkir kendaraan penumpang bisa lebih luas dan nyaman.

Sementara itu, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si mengusulkan agar PT.KAI bisa mengupayakan adanya armada terusan menuju Kota Blora yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Stasiun Cepu.

“Menurut jadwal yang saya terima, KA Sancaka Utara ini sekembalinya dari Jogja, sampai Cepu sekitar pukul 22.19 WIB. Begitu juga kereta dari Jakarta kebanyakan tiba di Stasiun Cepu malam hari. Yang penumpang tujuan Blora pasti kesulitan transportasi malam. Kita ingin PT KAI bisa mengupayakan armada terusan seperti yang ada di Semarang. Kalau di Semarang, dari Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang ada armada terusan antar jemput penumpang sampai Demak, Kudus dan Pati. Kami berharap di Stasiun Cepu ini ada armada terusan menuju Blora,” terang Wakil Bupati. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Kab.Blora)