Dibuka Bupati, Dekranasda Blora expo 2019 digelar 4 hari

Kamis, 18 April 2019 21:03 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho membuka Dekranasda Blora Expo 2019 di Alun-Alun Kota Blora, Kamis (18/4/2019).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Gelaran Dekranasda Blora Expo 2019 yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke 39 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tingkat Kabupaten Blora dan Hari Kartini ke 140 di Alun-alun Kota, resmi dibuka Bupati Djoko Nugroho pada Kamis siang (18/4/2019). Pembukaan dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Blora, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum, para Kepala OPD, pengusaha, dan pelaku UKM.

Bupati Djoko Nugroho sebelum membuka acara secara resmi dengan memukul gong, menyatakan bahwa dirinya merasa senang karena hasil kerajinan Kabupaten Blora kini semakin maju dan beragam. Bahkan geliat kerajinan yang digeluti para pelaku UKM ini menurutnya telah berkontribusi besar terhadap perekonomian daerah.

“Selamat ulang tahun Dekranas yang ke 39. Semoga melalui dewan kerajinan ini, seluruh potensi kerajinan di Kabupaten Blora bisa berkembang dan terus berinovasi agar bisa bersaing dengan hasil kerajinan luar daerah,” ucap Bupati.

Bupati juga merasa senang karena setelah kemarin Bangsa Indonesia menggelar Pesta Demokrasi yang sangat menguras pikiran dan perhatian masyarakat luas, kini warga Blora dihibur dengan adanya Dekranasda Expo 2019.

“Terimakasih kepada Pak Kapolres, Dandim, Kajari, Danyon Alugoro 410 dan seluruh masyarakat yang telah turut menyukseskan gelaran pemilu serentak dengan aman dan lancar, sehingga Blora tetap kondusif. Sekarang saatnya kita refreshing dengan melihat pameran Dekranasda yang digelar di Alun-alun. Semoga tidak hujan selama acara dilaksanakan,” lanjut Bupati.

Usai membuka acara, Bupati bersama seluruh tamu undangan melanjutkan keliling stan pameran yang didirikan di kawasan Alun-alun. Sejumlah kerajinan hasil karya UKM Blora dilihat oleh Bupati dan ditawarkan kepada jajaran Forkopimda dan kepala OPD agar membelinya.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum melakukan potong tumpeng sebagai wujud rasa syukur HUT ke 39 Dekranas tingkat Kabupaten Blora yang diberikan kepada salah satu pelaku UKM Batik.

“Batik merupakan salah satu produk UKM yang perkembangannya sangat bagus di Blora. Meskipun usia batik Blora belum lama, namun hasilnya mampu bersaing dengan produk batik dari daerah lain yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Kita akan terus berikan dukungan agar batik di Blora bisa semakin bagus,” terangnya.

Selain batik, menurutnya masih ada banyak produk kerajinan yang dipamerkan dalam Dekranasda Expo kali ini. Seperti kerajinan gembol jati, kerajinan tas rajut, kerajinan lukisan pelepah pisang, dan aneka hiasan lainnya.

“Tidak hanya dari Blora saja, beberapa produk kerajinan dari luar daerah juga kita datangkan agar timbul interaksi antar perajin lokal dengan luar daerah. Dengan begitu mereka bisa saling sharing untuk memajukan produk kerajinannya. Sehingga hasilnya bisa berkembang dan tidak kalah dengan produk luar,” lanjut Umi Kulsum.

Sementara itu, Drs. Suryanto, M.Si, Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, selaku Ketua Penyelenggara Dekranasda Expo menyampaikan bahwa kegiatan ini mulai dilaksanakan hari ini, Kamis (18/4/2019) hingga Minggu (21/4/2019) nanti. Selama kegiatan berlangsung, sejumlah pertunjukan kesenian akan dipentaskan untuk menghibur pengunjung saat malam hari.

“Pameran diikuti oleh 73 stan yang terdiri dari kerajinan UKM, OPD, dan aneka kuliner. Jumat besok akan dimeriahkan dengan jalan sehat bersama , dan Minggu nanti akan diadakan final loma senam. Ada juga lomba mewarnai. Silahkan masyarakat bisa menyaksikan ke Alun-alun sambil berbelanja kerajinan khas Blora, atau berkuliner,” jelasnya.

Acara pembukaan Dekranasda Expo sendiri dimeriahkan dengan pertunjukan musik akustik dan beberapa tari tradisional dari Sanggar Tari Merpati Desa Tambaksari. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)