Di Klopoduwur, pemerintah akan membangun embung

Selasa, 25 Juni 2019 22:00 WIB

Bupati Blora H. Djoko Nugroho menyampaikan arahannya saat sosialisasi pembangunan Embung Dung Sambi Klopoduwur di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Selasa (25/6/2019).

BLORA (mustika.wartablora.com)—Pemerintah akan membangun embung di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo. Embung yang rencana luasnya mencapai 4,35 hektar ini, Selasa (25/6/2019), disosialosasikan pembangunannya langsung oleh Bupati Blora H. Djoko Nugroho kepada warga setempat. Kepada warga, Bupati berharap lancarnya pembebasan lahan untuk pembangunan embung yang dianggarkan Rp17 miliar tersebut.

"Saya minta semua warga ikut mendukung pembangunan embung ini. Saya berharap pembebasan tanahnya lancar. Semoga yang tadinya susah air, dengan pembangunan embung ini maka air semakin mudah didapat," kata Bupati yang dalam sosialisasi tersebut mengajak Kasi Pengendalian, Pelaksanaan Danau dan Bendungan BBWS Pemali Juana, Wisnu Widhoyono M.Eng.

BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Pemali Juana yang rencananya akan menjadi penanggung jawab pembangunan bendungan tersebut. Sementara kontraktornya berasal dari Solo.

Bupati meminta BBWS bisa melibatkan masyarakat sekitar sehingga warga juga ikut andil dalam pembangunanya.

“Nanti kalau ada warga yang setor material bisa diterima, yang penting kualitasnya bagus. Saya juga minta warga ikut menjaga dan membantu pembangunan embung ini,” jelas Bupati.

Sementara Wisnu Widhoyono mengatakan embung yang akan di bangun ini memiliki luasan 4,35 Ha, dengan luasan genangan pada muka air normal mencapai 119.00 ha dan volume tampungan air mencapai 232.000 meter kubik.

“Sesuai kontrak, pembangunan akan dilakukan selama 202 hari kalender, dengan penyedia jasa dari Surakarta. Nilai kontrak senilai Rp 17 miliar,” ucap Wisnu Yudhoyono M.Eng.

Jika jadi nanti lanjut Wisnu, embung Dung Sambi Klopoduwur akan bermanfaat untuk konservasi, irigasi lahan hingga 30 ha, penyedia air baku mencapai 7,79 liter/detik dan juga untuk pariwisata desa setempat.

“Dari manfaat tersebut, diharapkan nantinya mampu meningkatkan penghasilan masyarakat desa Klopoduwur dan sekitarnya baik di sektor pertanian dan sektor lainnya,” lanjut Wisnu.

Kepala Desa Klopoduwur, Diana Utami mengaku sangat senang sekali adanya rencana pembangunan embung di desanya tersebut. Ia berharap nantinya embung bisa meningkatkan produktifitas pertanian di Desa Klopoduwur dan sektor lainnya.

“Setiap kemarau desa kami selalu kekeringan, banyak lahan pertanian nganggur, sektor pertanian padi milik warga hanya bisa sekali tanam saja, hal ini mengingat lahan yang ada merupakan lahan tadah hujan. Namun dengan adanya embung nanti diharapkan saat kemarau petani tetap bisa mengolah sawahnya, syukur-syukur bisa tanam padi sampai 2 hingga 3 kali,” kata Diana.

Acara diakhiri dengan tanya jawab bupati Blora dengan masyarakat setempat guna memastikan pembengunan berjalan dengan lancar. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)